Hikmah Pandemi Covid

Para guru akan memberikan tugas atau materi melalui sebuah aplikasi yang dapat diakses oleh siswa. Artinya, antara siswa dan guru harus memiliki fasilitas yang diperlukan. Rika, yang juga menjabat sebagai Wakil Bidang Kesiswaan di sekolah tersebut, menjelaskan bahwa kegiatan belajar mengajar tetap berjalan. Namun, menurutnya, pembelajaran daring yang dilakukan membuatnya sedikit kesulitan untuk memantau perkembangan belajar anak didiknya secara langsung.

Ajak seluruh anggota rumah untuk mengikuti kegiatan ini, agar menjadi lebih seru dan menyenangkan. Selanjutnya adalah Asynchronous Learning , yaitu proses pembelajaran daring yang memberikan bahan ajar dan pengerjaan tugas tidak langsung. Bahan ajar dan tugas dapat berbentuk video beserta bahasa isyarat dan terjemahannya maupun bentuk lainnya. Banyak para pelajar yang malas belajar dikarenakan cara pandang mereka yang salah mengenai belajar dan sekolah itu sendiri.

Keterlibatan orang tua sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran daring, minimal dalam bentuk monitoring dengan cara keterlibatan, fokus, konsisten dan menguat serta memberi solusi kepada anak. Selanjutnya orang tua juga harus serba tahu dan terampil dalam menguasai materi pelajaran dan materi yang dihadapi anak. Semua orang tua memainkan peran penting dan berpengaruh dalam pendidikan anak-anak mereka. Social Distancing mengharuskan pelajar untuk melakukan kegiatan belajar di rumah. Belajar di rumah tidaklah mudah, metode pembelajaran daring masih sangat asing sehingga perlu penyesuaian diri dalam pelaksanaannya.

Dengan asumsi tersebut, pendidik harus sadar bahwa tujuan dari pembelajaran jarak jauh adalah untuk menggantikan pengalaman belajar tatap muka di kelas. Selain itu, berbeda dengan pembelajaran tatap muka, fasilitasi pendidik kepada peserta didiknya akan berpusat kepada perangkat lunak dan aplikasi-aplikasi daring. Peserta didik dalam sistem pembelajaran ini juga diasumsikan mandiri atau tidak terlalu bergantung pada bantuan langsung pendidik.

Cara agar anak tetap semangat sekolah disaat pandemi

Interaksi berikutnya dalam pengajaran adalah interaksi antara peserta didik dan pendidik. Dalam pembelajaran tatap muka, interaksi peserta didik biasanya dilakukan pada saat penyajian materi, tanya jawab, dan diskusi klasikal. Dalam pembelajaran jarak jauh, kegiatan-kegiatan seperti ini masih dapat dilakukan melalui konferensi video . Beberapa alat yang dapat digunakan untuk melakukan hal ini antara lain Skype, Google Hangouts, dan Zoom.

Dikutip dari CNN, hal pertama yang harus orang tua sadari adalah belajar di rumah tidak sama dengan di sekolah. Keberhasilan guru dalam melakukan pembelajaran daring pada situasi pandemi Covid-19 ini adalah kemampuan guru dalam berinovasi merancang, dan meramu materi, metode pembelajaran, dan aplikasi apa yang sesuai dengan materi dan metode. Kreatifitas merupakan kunci sukses dari seorang guru untuk dapat memotivasi siswanya tetap Daftar Togel Online semangat dalam belajar secara daring dan tidak menjadi beban psikis. Perlu disadari bahwa ketidaksiapan guru dan siswa terhadap pembelajaran daring juga menjadi masalah. Perpindahan sistem belajar konvensional ke sistem daring amat mendadak, tanpa persiapan yang matang. Tetapi semua ini harus tetap dilaksanakan agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan siswa aktif mengikuti walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Waktu adalah emas, apalagi waktu untuk belajar bukanlah lama tapi sangat singkat. Jadi sebagai mahasiswa dapatkan dan buat waktumu di kampus untuk mendapatkan ilmu, kalau tidak akan sangat sulit bagimu meraih mimpimu di dunia luar.” Untuk membantu menjaga agar tetap dengan penuh semangat, membaca kata-kata motivasi bisa menjadi jalan keluar. Jika aktivitas ini terus dilakukan maka akan menjadi rutinitas maka anak-anak mama akan tetap bersekolah dengan semangat. Libatkan rencana pembelajaran dengan keinginan dan kondisi siswa sehingga lebih bisa diterima dan dijalankan dengan kondisi yang menyenangkan. Sebagai contoh penggunaan aplikasi TikTok yang saat ini lebih banyak disukai kalangan muda.

Satu-satunya hal yang bisa Anda lakukan, dalam obrolan mingguan, tanya tentang proyek sekolah apa yang akan atau tengah digarap. Hal itu ia sampaikan melalui pidatonya pada videolive streamingYouTube Upacara Hari Pendidikan Nasional yang dilakukan secara terpusat, terbatas, serta memperhatikan protokol kesehatan dalam masa pandemi. Jadwal kegiatan bisa dibuat oleh diri sendiri sesuai dengan kegiatan kita. Namun, harus sesuai dengan kemampuan kita agar kita konsisten dan disiplin melaksanakan jadwal kegiatan tersebut. Bisa juga dengan membuat jadwal kegiatan sehingga waktu tak terbuang sia-sia.