Karbohidrat Lokal Pengganti Beras

Malince mengatakan, jagung, singkong dan ubi jalar ini kerap diolah untuk mengganti nasi. Karena teksturnya yang sangat halus dan lembut, makanya bahan utama ini perlu dipadupadankan. Karena kalau singkong saja, diparut dan teksturnya sangat lembut. Kalau jagung dan singkong digabung, nggak terhambur,” jelas wanita asli Enrekang ini.

Hampir mirip dengan kembang kol, brokoli rebus juga menjadi makanan pengganti nasi untuk food regimen karena memiliki kalori dan karbohidrat rendah. half of cangkir atau 57 gram brokoli rebus memiliki sekitar 15 kalori dan 2 gram serat. Brokoli rebus juga merupakan sumber vitamin C yang baik dan bertindak sebagai antioksidan serta meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk kamu yang ingin berhenti mengonsumsi nasi putih, Shirataki bisa menjadi pilihan yang sehat. Shirataki dibuat dari glucomanan, jenis serat yang didapat dari akar tanaman konnyaku. Konnyaku sendiri dikenal sebagai bahan pangan yang ramah bagi pejuang food regimen, karena rendah kalori dan kaya serat.

Ubi dan singkong pengganti nasi

Sehingga jika Moms dan Dads sedang dalam program food plan atau menginginkan pola makan lebih sehat, manfaat singkong sebagai alternatif sumber karbohidrat dan serat patut dipertimbangkan. Ahli gizi, Neha Chandna, berpendapat bahwa seseorang dapat makan nasi setiap hari, tergantung pada berat badan seseorang. Bila ingin menurunkan berat badan, makanlah nasi dua kali seminggu. Sebaliknya, bila ingin menaikkan berat badan, Anda bisa makan nasi setiap hari dengan beberapa kentang atau ubi jalar rebus.

Mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lain bahkan bisa bantu turunkan berat badan asal dikonsumsi dengan porsi tepat dan tidak berlebihan. Ahli gizi Jansen Ongko, MSc, RD pun menjelaskan lebih lanjut mengenai hal ini. Mindset’belum makan kalau belum pakai nasi’ sudah melekat sejak dulu. Tak heran, beras menjadi sumber karbohidrat utama bagi warga negara agraris ini. Soal tekstur, garut memiliki tekstur lembut dan mudah dicerna.

Kentang yang mengandung vitamin c, serat dan kalori patut dikonsumsi ketika menjalankan food regimen nasi putih. Walaupun kentang memiliki Indeks Glikemik yang cukup tinggi namun kentang lebih baik dari pada nasi. Anda bisa mengkonsumsi kentang dengan direbus dengan dimakan begitu saja ataupun dengan dilumatkan menjadi sebuah bubur kentang. Kadar Indeks Glikemik yang cukup rendah sangat baik bagi anda yang sedang melalukan food regimen alami untuk menurunkan berat badan.

Di beberapa daerah di Nusantara, jagung diolah sedemikian rupa hingga menyerupai nasi yang biasa terbuat dari beras. Nasi dari jagung ini diklaim oleh beberapa kalangan lebih sehat karena memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah. Saat ini kebanyakan masyarakat kita mengonsumsi nasi, roti, mie dan sereal sebagai sumber karbohidrat. Sebagian produk pertanian ini adalah bahan pangan impor sehingga harganya relatif mahal. Umbi-umbian seperti talas bisa menjadi alternatif sumber kalori yang murah dan mudah didapat. Diversifikasi pangan non beras dan non terigu juga akan memperkaya asupan nutrisi tubuh menjadi kian beragam dan lengkap.

Vitamin K membantu mengatur sirkulasi darah, serta memainkan peran penting dalam kesehatan tulang. Jadi, makan singkong teratur bisa mencegah anemia dan juga bisa meningkatkan sirkulasi darah sehat. Walau kalorinya tidak jauh berbeda dari nasi putih, tetapi singkong juga bisa menjadi sumber karbohidrat pengganti. Mengonsumsi oatmeal secara rutin bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula dalam darah.

Kandungan oats seperti serat, vitamin, mineral, hingga antioksidan dapat menjadi sumber energi harian yang sangat baik. Jika tidak suka mengonsumsi kentang, singkong atau ubi dan jagung, cobalah untuk mengonsumsi oats sebagai makanan utama. Nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh dan paling mudah untuk didapatkan. Berbicara mengenai kebutuhan nasi, ternyata beberapa negara sudah mengeluarkan himbauan agar orang tua mulai menerapkan diet nasi untuk bayinya. Keputusan itu menyusul temuan kadar arsenik yang ditemukan dalam beras. Melansir Pop Sugar, American Academy of Pediatrics merekomendasikan diversifikasi diet bayi untuk mengurangi risikonya.

Namun demikian, beras merah memiliki kelemahan yakni agak susah dimasak ketimbang beras putih karena kulitnya yang keras. Anda harus memasaknya dengan waktu yang lebih lama dan air yang lebih banyak. Banyak sumber yang menyarankan untuk mengganti nasi putih dengan makanan lain untuk alternatif sumber karbohidrat yang lebih sehat. Saat kamu masih mengonsumsi nasi putih, lonjakan kadar insulin dapat terjadi dengan cepat karena kandungan glukosa di dalamnya yang lumayan tinggi.