Nadiem Makarim Izinkan Kampus Kuliah Tatap Muka, Ini Syaratnya

Masyarakat wajib memakai masker ketika beraktivitas, begitu pula ketika berinteraksi dengan orang lain. Meski demikian, ia tetap meletakkan Togel Online Terpercaya protokol kesehatan sebagai aspek utama. Pihak kampus telah menjalin koordinasi dengan warga setempat, terutama pemilik indekos.

DIY akan melakukan uji coba belajar tatap muka untuk jenjang pendidikan SMA/SMK. Dari survei tersebut juga diketahui bahwa 80 persen dosen dan 17 persen mahasiswa UI telah divaksinasi. “Prinsipnya, kami ingin menjaga kesehatan dan keselamatan seluruh sivitas akademika selama berkegiatan di kampus,” ujar Haris. Perguruan tinggi juga diimbau agar tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan mahasiswa, dosen, tenaga pendidikan, dan masyarakat di sekitar. “Karena pandemi ini tidak bisa diremehkan, di sisi lain kita juga harus memperhatikan adanya risiko penurunan kompetensi bagi generasi peserta didik terapan karena tidak mencukupi kebutuhan untuk mata kuliah praktiknya,” imbuh Wikan. Lebih lanjut, Dirjen Diksi menilai kebijakan untuk membuka perkuliahan tatap muka sangat baik terutama untuk pembelajaran yang sifatnya keterampilan .

Kegiatan restoran, warung makan, rumah makan, kafe, pedagang kaki lima/lapak jalanan pada lokasi binaan dan lokasi sementara. Pembatasan, makan/minum di tempat sebesar 50 persen, layanan dine-in sampai pukul 21.00 WIB. Layanan makanan melalui pesan antar/dibawa pulang tetap diizinkan sesuai dengan jam operasional restoran. Materi kuliah praktik yang menggunakan toolbox, dosen diharapkan menyiapkan rekaman tutorial, untuk dipelajari mahasisa secara mandiri. Penggunaan teknologi digital yang harus dipelajari mulai dari perangkat keras hardware hingga software program atau aplikasi.

“Setelah kuliah selesai, mahasiswa diwajibkan untuk meninggalkan kampus agar tidak terjadi kerumunan di dalam kampus,” tegas Wikan, seperti yang yang dikutip dari laman resmi Kemendikbud. Mendukung pernyataan Nizam, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi , Kemendikbud, Wikan Sakarinto menyebutkan mahasiswa datang ke kampus hanya untuk keperluan belajar. “Pertama, sekolah berada dalam zona aman, zona hijau dan tentu ini sudah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor untuk bisa dilakukan pembelajaran,” Tata Karwita, yang sekarang berprofesi sebagai perwakilan dari Komite Sekolah SMKN 1 Kemang Bogor.

Tatap muka bagi anak kuliah

Bahkan kebijakan terbaru pada tanggal 07 agustus 2020 lalu Kemdikbud mengumumkan mulai dilakukan pembukaan sekolah untuk zona hijau dan kuning dengan pertimbangan harus memenuhi persyaratan dan persetujuan beberapa pihak. Kondisi ini membuat Mendikbud mencoba mengeluarkan berbagai kebijakan untuk memudahkan dan mengakomodir Kendala para guru juga para murid, seperti penyederhanaan kurikulum, pemberian kuota gratis dan lainnya. Kala itu, keputusan membuka sekolah meskipun di tengah wabah dilakukan Nadiem karena PJJ di sejumlah daerah dianggap tidak berjalan optimal. Di sisi lain orang tua/kakak juga terpengaruh dengan kondisi PJJ, di mana mereka harus ikutan aktif mengajari atau mengawasimu. Banyak daerah, sekolah, dan keluarga yang belum bisa mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh . Mahasiswa yang biasanya mesti datang langsung kekampus untuk mengikuti perkuliahan, namun sekarang tidak mesti datang kekampus lagi, secara otomatis biaya yang biasa dikeluarkan untuk beli bensin/ongkos transportasi umum tidak ada lagi.