Peran Orang Tua Di Rumah Dalam Masa Pandemi

Kebutuhan biaya meningkat sementara beberapa sumber keuangan sekolah bisa jadi menurun di musim pandemi ini. Sehebat apapun rencana pembelajaran yang dibuat di musim pandemi, jika siswa tidak tertarik menjalankannya maka akan sulit bagi guru menjalankan proses KBM yang maksimal. Kondisi pandemi saat ini di mana minat belajar siswa cenderung menurun dibutuhkan hal-hal yang sifat aspiratif dari keinginan siswa.

Kamu juga bisa memanfaatkan Instagram Live untuk olahraga bareng, major musik dengan temanband, dan lain-lain. Pakai waktu WFH ini untuk melakukan hal-hal yang bikin kamu bahagia bisa menjadi cara agar tidak stres selama pandemi COVID-19. Mungkin kamu sudah pernah melihatmemedi social media yang bilang, “WFH turns everyone into Gordon Ramsay.” Guyonan ini sama sekali Slot Online Terpercaya tidak salah. Karena di periode ini, kamu punya banyak waktu dan kesempatan untuk melakukan hobi atau aktivitas yang sebelumnya tidak pernah atau jarang kamu lakukan. Selama ini, aktivitas kamu di pagi hari dimulai dengan bangun, lalu tergesa-gesa menyiapkan diri sendiri dan pasangan sebelum bekerja, menyiapkan anak-anak ke sebelum berangkat ke sekolah, baru kemudian berangkat ke kantor.

Selama ini seringkali guru membuat rencana pembelajaran dilakukan sesuai dengan kebutuhan kurikulum dan tanpa melibatkan siswa. Sebagai contoh misalnya para siswa diminta menonton, membaca novel, menikmati tayangan drama dan sebagainya untuk mendapatkan informasi pembelajaran sesuai dengan materi yang diujikan. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia dikenal sebuah metode bernama metode hibur yang dapat membantu meningkatkan rasa suka, senang dan minat yang lebih pada suatu materi. Misalnya pembelajaran tentang bagaimana cara menghindari virus covid-19, bagaimana menjalankan protokol kesehatan sehari-hari. KELANGKAAN APD bagi para tenaga medis yang menangani pasien Covid-19, menjadi perhatian masyarakat banyak.

Seperti yang dialami oleh seorang pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri di Jakarta, Muhammad Akmal, ia mengeluhkan tentang sinyal operator yang kurang stabil. Artikel-artikel tersebut selanjutnya saya jadikan eksemplar bagi para mahasiswa di kelas Metode Statistik tahun berikutnya. Mereka saya berikan tautan ke artikel-artikel kakak tingkatnya tersebut agar mereka menganalisis hal-hal baik dalam artikel-artikel tersebut. Hal-hal baik tersebut selanjutnya dapat mereka gunakan sebagai panduan dalam melakukan penelitian dan menulis hasilnya.

Ajak diskusi dan suruh anak memberitahu perasaan dan harapan jika sekolah dalam kondisi sekarang. Berikan penjelasan yang terbuka dan mudah diterima anak mengenai situasi saat ini dan apa yang harus dilakukan. Ada yang menerima dengan semangat, namun ada pula yang sebaliknya.

Cara agar anak tetap semangat sekolah disaat pandemi

Jika tidak semua konten pembelajaran yang telah ditentukan dapat ditemukan, maka pendidik perlu menyusunnya sendiri . Keterampilan-keterampilan yang berkenaan dengan artistik dan teknis diperlukan untuk menyusun sendiri konten pembelajaran seperti ini. Keterampilan-keterampilan tersebut merentang mulai dari keterampilan sederhana dalam menggunakan perangkat lunak pengolah kata sampai mengkonversinya ke dalam konten yang ramah internet. Untungnya, sudah banyak alat-alat yang dapat mempermudah melakukan hal-hal tersebut. Moodle (yang digunakan di belajar.usd.ac.id), Google Classroom, Edmodo, dan Schoology bisa dimanfaatkan untuk membangun sistem manajemen pembelajaran atau learning management system . Untuk membuat video cuplikan layar , pendidik dapat menggunakan ActivePresenter, Camtasia, atau Filmora, sedangkan Edpuzzle bisa dimanfaatkan untuk membuat video yang interaktif.

Tidak lupa pula, kita juga harus memberikan mereka kesempatan untuk mengungkapkan ide-ide mereka dan mengajak mereka diskusi seperti suasana di kelas. Keadaan pandemi ini memang membuat dan memaksa semua orang untuk menjadi orang yang kreatif, cepat tanggap dan cerdas. Karena yang biasanya kegiatan sehari-hari kita hampir sembilan puluh persen itu bertatap muka secara langsung, tapi dengan adanya Covid 19 ini seluruh aktivitas yang bertatap muka di batasi.

Tidak hanya menghapus papan tulis seperti biasanya, kita bisa membuat anak bersih-bersih debu di rumah atau menyapu ruang belajar dan kamar tidurnya. Tidak hanya mengajarkan kedisiplinan dan menjaga kebersihan, mereka juga sekaligus meringankan beban pekerjaan rumah, bukan? Orang tua berupaya menjadikan konsentrasi anak sama dengan di sekolah. Siapkan peralatannya seperti meja, kursi, laptop computer dan buku-buku dengan baik. Penyebutan pun kalau seandainya bisa, diganti dengan Ibu atau Bapak, seperti halnya di ruang kelas.