Simulasi Belajar Tatap Muka Sd Di Solo Bareng Imunisasi

JAMBI-Proses belajar mengajar tatap muka tingkat SD hingga SMP di Kota Jambi mulai berlangsung hari ini, Senin (1/3). Pemerintah Kota Jambi sudah memutuskan Pembelajaran Tatap Muka dengan mekanisme menerapkan protokol kesehatan ketat di sekolah. Menurutnya, penerapan protokol kesehatan di sekolah itu dilaksanakan secara ketat.

Tatap muka bagi anak SD

Sejumlahsimulasimenunjukkan, terhentinya kegiatan belajar reguler akibat pandemi COVID-19 dapat menyebabkan penurunan kemampuan siswa yang lebih besar dibandingkan penurunan kemampuan siswa akibat libur sekolah. Dampak dari penurunan kemampuan siswa ini sangat besar, bersifat permanen, dan bisa memengaruhipendapatan hidupmereka saat dewasa kelak. Jumlah hari dan jam pembelajaran PTM terbatas ditentukan satuan pendidikan, dengan tetap mengutamakan dan keselamatan warga sekolah. Untuk mempersiapkan sekolah tatap muka, Nadiem memberikan panduan kepada seluruh sekolah untuk meningkatkan kursi antarsiswa yang harus berjarak minimal 1,5 meter dengan maksimal jumlah siswa 50 persen di setiap kelasnya. “Enggak serius atasi covid, orang tua tidak akan izinkan anak sekolah. Di Jakarta kalau sekolah dibolehkan, orangtua mungkin belum mau anaknya sekolah. Karena ada kaitan trasportasi, gurunya, dan harus ada asesmen, pendataan,” jelas dia.

Sekolah di Dandwal, di negara bagian Maharashtra, India, menyediakan sarana khusus untuk murid yang tidak bisa mengakses internet. Di sini, murid bisa mengikuti kegiatan belajar dan mengejar tugas-tugas yang tertinggal dengan mendengarkan rekaman yang kemudian diputar dan Togel Online Terpercaya disiarkan dengan bantuan pengeras suara. Senada dengan IDAI, Perhimpunan untuk Pendidikan dan Guru mendesak pemerintah daerah untuk tidak tergesa-gesa untuk membuka sekolah. Mereka berpendapat bahwa lebih baik sekolah dibuka setelah masyarakat dapat menggunakan vaksin COVID-19.

Dengan demikian, urutan pertama yang diperbolehkan pembelajaran tatap muka adalah pendidikan tingkat atas dan sederajat, tahap kedua pendidikan tingkat menengah dan sederajat, lalu tahap ketiga tingkat dasar dan sederajat. “Prinsip dikeluarkannya kebijakan pendidikan di masa Pandemi Covid-19 adalah dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat,” jelasnya. Perhatikan syarat-syarat ketat belajar tatap muka dari Mendikbud agar terhindari penularan virus corona atau Covid-19 .

Tidak ada yang salah memang dengan pelaksanaan PJJ dan Daring, seiring perkembangan teknologi yang begitu cepat, menjadi kewajiban semua pihak agar proses pembelajaran menyesuaikan dengan perkembangan zaman menjadi lebih fashionable, efesien dan inovatif. Namun untuk jenjang sekolah dasar, pembelajaran jarak jauh dan Daring dirasa kurang efektif. Secara psikologis, hampir sebagian besar siswa usia SD di Indonesia belum siap beralih dari pembelajaran tatap muka ke PJJ dan Daring.

“Ini masih dalam proses penyiapan karena survei dilakukan ketika SKB four Menteri diluncurkan kembali di Januari lalu. Mudah-mudahan ketika Juli 2021 nanti, semua sekolah sudah memenuhi daftar periksa,” harapnya. Orang tua yang mengantar menggunakan kendaraan roda dua juga diminta langsung putar balik sesuai penunjuk arah yang dibuat. Pantauan Suara.com, sekitar pukul 07.15 WIB, para siswa berdatangan satu-persatu ke gerbang sekolah. Kebanyakan dari mereka diantar oleh orang tuanya menggunakan kendaraan motor roda dua. “Kan mereka takut ya, nanti jadi pembawa, provider virus. Dari luar rumah terus masuk ke rumah malah nularin,” pungkasnya.

“Ini akan menjadi bahan semacam finest follow dalam tanda kutip bahwa kegiatan semacam ini di masa pandemi tidak dalam posisi menguntungkan. Di Bandung dalam posisi rentan makanya semua harus hati-hati,” ungkapnya. Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health, Griffith University Australia, dr Dicky Budiman mengatakan bahwa kedudukan sekolah itu unik dalam strategi pengendalian pandemi. “ Siswa yang hadir hampir 160 dari 800 siswa kelas 7 dan kelas eight,” katanya.