10 Skincare Untuk Kulit Berminyak Dan Berjerawat

Kalau kamu pernah mendengar ungkapan bahwa apa yang kita konsumsi bisa mempengaruhi kesehatan kulit, bisa jadi itu sangat benar. Karena selain tidak baik untuk kesehatan tubuh, makanan dan minuman yang tidak sehat bisa membuat kulit berjerawat semakin parah. Namun dalam waktu yang bersamaan, kita harus tetap menggunakan skincare untuk merawat kulit. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan produk yang digunakan. Ladies bisa melakukannya dengan memperhatikan komposisi produk, sekaligus memantau efek produk tertentu pada wajah. Kalau ada produk yang tidak cocok, buatlah catatan dan segera hentikan penggunaannya.

Lubang kecil di kulit (pori-pori) terhubung dengan kelenjar minyak di bawah kulit. Mendukung proses penyembuhan kulit dan jaringan yang rusak di area jerawat. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan tisu atau handuk lembut. Hindari menggosok kulit terlalu kencang karena dapat membuat kulit iritasi. Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda.

Kondisi kulit wajah yang terlalu kering dapat memicu produksi minyak berlebih dan menyebabkan jerawat lebih mudah muncul. Oleh karena itu, setelah membersihkan wajah, gunakan pelembap sesuai jenis kulit wajah. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga wajah tetap lembap dan elastis.

Membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian adalah hal yang wajib banget kita lakukan, meski kita enggak menggunakan makeup sekalipun. Bukan tanpa alasan, memencet jerawat bisa menyebabkan infeksi dan meninggalkan bekas yang susah untuk dihilangkan. Enggak bisa dipungkiri meski tumbuh hanya satu jerawat di wajah, kita bisa merasa nyeri seharian.

Dr Baumann juga menambahkan, orang dengan kulit sensitif dapat bereaksi berlebihan terhadap bahan-bahan tertentu. Untuk itu, Anda perlu menghindari senyawa yang terlalu keras pada semua produk perawatan kulit dan kecantikan. Selain mencuci muka, Anda juga perlu cermat dalam memilih skin care untuk kulit wajah. Jangan hanya karena ikut-ikut teman, tapi pilihlah skin care yang memang cocok dan sesuai dengan jenis kulit. Putih telur memiliki enxim lysozim yang mampu menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat. Putih telur juga mampu mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi minyak berlebih yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Selain itu, memecahkan jerawat tanpa bantuan dokter juga dapat menimbulkan bekas jerawat. Oleh sebab itu, cara ini tidak hanya mencegah timbulnya jerawat baru, tetapi juga menghindari bekas jerawat yang tentu merusak penampilan Anda. Idealnya, rutinitas mencuci muka dapat dilakukan dua kali sehari, yakni sesaat sebelum tidur malam dan pagi hari sebelum beraktivitas di luar rumah.

Cara agar muka tidak jerawatan

Dahi adalah salah satu lokasi paling umum tumbuhnya jerawat di waktu dini. Istirahat cukup serta menjaga pikiran agar tidak stres juga wajib agar jerawat tidak dengan mudah muncul dan kambuh kembali. Bila perlu, lakukan olahraga secara rutin dan teratur agar kotoran dan bakteri dapat turut dikeluarkan bersamaan dengan keringat. Dengan begitu, risiko munculnya jerawat akan menjadi lebih kecil. Meski begitu, jerawat tetap menjadi salah satu gangguan kesehatan yang banyak dianggap momok oleh sebagian orang.

Oleh karena itu, rutin cuci akesoris Anda setiap beberapa hari sekali. Pola hidup yang bersih dan sehat, merupakan salah satu aspek penting untuk mencegah pertumbuhan jerawat. Ternyata, merawat diri itu sangatlah mudah dan tentunya tidak merogok kocek Anda. Oleh karenanya, mulailah ubah gaya hidup Anda untuk kesehatan tubuh yang lebih baik. Penumpukan kotoran di pori-pori wajah yang kemudian meradang bisa menyebabkan jerawat pasir.

Sejumlah faktor meningkatkan produksi minyak dan membuat kita lebih mungkin terkena jerawat, di antaranya hormon, stres, dan obat-obatan tertentu. Butiran halus inilah yang nantinya mengangkat sel-sel kulit mati dan juga penyumbatan yang terjadi dalam pori-pori. Selain untuk membersihkan kulit, scrubbing dengan memijat wajah ini juga bisa membantu memperlancar aliran darah di wajah, jadi wajah pun akan terasa lebih segar.