6 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Biar Virus Corona Menjauh

Senam kesegaran jasmani adalah gerakan olahraga yang melibatkan seluruh anggota tubuh. Tujuannya adalah menjaga kesehatan fisik dan kesehatan pada umumnya, namun ada juga yang melakukan senam ini untuk meningkatkan talent olahraga tertentu. Jika kamu tidak berolahraga secara rutin, maka kamu akan mudah terkena pilek, misalnya, ketimbang orang yang rutin berolahraga. Olahraga juga dapat mendorong hormon-hormon positif dalam tubuh dan membantu tidur lebih baik.

Namun, bagi orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah, perlu memerhatikan kondisi tubuh dan jangan memaksakan diri. Hindari berolahraga terlalu sering, kurangi melakukan jenis olahraga yang butuh banyak energi, dan batasi durasi berolahraga. Dalam menjaga dan meningkatkan imun tubuh seseorang harus mampu menerapkan pola perilaku hidup bersih. Salah satunya yaitu dengan memperhatikan kebersihan makanan yang akan masuk ke dalam dirinya. Dalam sehari, setidaknya manusia harus mengkonsumsi air sebanyak dua liter atau lebih. Hal itu dapat membantu meningkatkan imun tubuh agar tidak membuat metabolisme menjadi turun sehingga memiliki potensi tertular virus.

Selain mengkonsumsi banyak makanan-makanan bergizi, terkadang seseorang juga perlu sumplemen pendamping dalam meningkatkan imun tubuh. Anda hanya perlu terlentang sembari sesekali menarik otot perut hingga dada Anda dapat mendekap lutut. Turunkan kembali tubuh di atas matras dan ulangi hingga mencapai goal maksimal Anda.

Olahraga setiap hari bisa menambah imunitas

Aktivitas berolahraga secara teratur dapat memperbaiki sistem kerja jantung dan paru-paru menjadi lebih baik. Membatasi ekspos terhadap penyakit dengan menghindari kuman adalah kunci untuk tetap sehat dan jauh dari penyakit. Flu yang disebabkan karena infeksi memang akan dengan mudah menular ke orang sekitar melalui udara. Cara agar tidak tertular adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga virus atau bakteri pun tidak akan berkembang biak di dalam tubuh.

Olahraga terukur dan terprogram serta asupan gizi seimbang merupakan faktor penting untuk menjaga imunitas tubuh, seperti saat pandemi Covid-19 sekarang. Olahraga dapat meningkatkan kemampuan jantung, paru-paru, dan pembuluh darah, serta bertujuan untuk mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. Di samping itu, jalan kaki juga bisa memperbaiki mood dan membuat tidur jadi lebih nyenyak. Kandungan ini dipercaya dapat meningkatkan sistem imun sehingga dapat melawan virus dan bakteri, termasuk virus Corona. Penelitian ini menunjukkan bahwa tubuh mengeluarkan banyak ‘senjata’ dalam melawan SARS-CoV-2. Menjaga sistem imun dengan cara-cara di atas tak ayal lagi krusial untuk dilakukan.

Buat menangkal virus Corona, tentunya jangan lupa rajin cuci tangan pakai sabun, menutup mulut dengan lengan bagian atas saat batuk atau bersin, serta tetap #DiRumahAja alias physical distancing ya. Untuk meningkatkan kapasitas aerobik harus melibatkan kelompok otot besar seperti latihan jalan kaki, berlari, mendayung, maupun bersepeda. Sifat dinamis kelompok otot besar ini akan meningkatkan aliran darah ke otot yang sedang bekerja. Peningkatan latihan secara periodik dan progresif akan menimbulkan efektivitas peningkatan kapasitas kebugaran. Selain dari makanan dan olahraga, istirahat juga menjadi faktor penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Nutrisi yang terkandung di dalam madu juga dipercaya bisa menjadi obat berbagai penyakit. Meski begitu, saat mengonsumsi madu usahakan agar mengonsumsinya dalam jumlah tepat alias tidak berlebihan. Dan untuk mendapatkan tubuh sehat ini sendiri sudah seharusnya didukung dengan sistem kekebalan tubuh yang baik. Saat sistem kekebalan tubuh melemah, ini akan membuat tubuh rentan mengalami masalah kesehatan. Sistem kekebalan yang lemah bahkan bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya serta mematikan. Rokok dikaitkan dengan penyakit paru, kanker paru, dan penyakit jantung koroner.

Olahraga simpel ini juga harus dibarengi dengan pola makan seimbang, waktu tidur cukup, dan pikiran yang terbebas dari stres. pada artikel kali ini, kami akan berbagi tips-tips gerakan olahraga sederhana yang dapat kamu lakukan di rumah, bahkan di kamar untuk menjaga imun tetap prima. Olahraga merupakan salah satu syarat yang harus kita penuhi untuk mendapatkan kesehatan optimal. Berolahraga setiap hari dapat membuat tubuh kita menjadi lebih bugar dan dapat mencegah kita dari berbagai penyakit. Padahal, olahraga dapat dilakukan di mana saja setiap hari dan hanya membutuhkan waktu sebentar saja.