Apakah Menstruasi Memicu Jerawat

Saat produksi sebum menjadi berlebihan pori-pori wajah akan tersumbat dan memicu munculnya jerawat. Hal tersebut juga belum ditambah dengan kadar hormon testosteron yang cenderung lebih tinggi saat menstruasi, dimana hormon ini sebenarnya juga berfungsi untuk lebih mengaktifkan kelenjar minyak pada kulit. Mereka yang mengalami jerawat sistik parah atau sudah mencoba berbagai obat jerawat namun gagal, isotretinoin dapat menjadi solusinya.

Apakah menstruasi memicu jerawat

Selain itu, biasakan mandi setelah berolahraga, hindari mengenakan pakaian ketat, kurangi tingkat stress, dan konsumsi makanan yang seimbang dan sehat. Lebih lanjut, dokter kulit berbasis New York Dr Joshua Zeichner mengatakan, pentingnya merawat wajah lebih giat saat menjelang menstruasi untuk mencegah datangnya jerawat. Peningkatan hormon androgen , yang ditandai dengan acne berat, pertumbuhan rambut/bulu seperti pola lelaki , kulit berminyak. Jakarta – Kalau lihat jerawat muncul menjelang atau saat menstruasi ingin rasanya cepat menghilangkannya. Nah, sejatinya ada upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah kulit jerawatan saat haid. Jika kulit Anda berminyak, bersihkanlah wajah setidaknya 2 kali sehari.

Lidah buaya telah lama dikenal baik untuk kesehatan kulit sehingga banyak dipakai dalam sejumlah produk kecantikan. Gel aloe vera mengandung antioksidan seperti vitamin A, C, dan, E, yang membantu mengurangi bintik-bintik hitam. Rasio hormon berubah selama siklus menstruasi, kehamilan, saat minum pil, dan akan terus turun jika Anda menderita PCOS atau endometriosis.

Perlu diingat bahwa pengobatan jerawat tidak dapat dilakukan dengan instan. Hasil baru dapat terlihat dalam hitungan minggu bahkan bulan tergantung dari jenis dan keteraturan perawatan, sehingga diperlukan kesabaran dalam mengatasi jerawat. Insulin adalah hormon yang disekresikan kelenjar pankreas yang berfungsi untuk mengolah dan memindahkan glukosa dari perdarah darah ke jaringan tubuh. Pada orang dengan resistensi insulin, kadar insulin di dalam darah tinggi, namun aktivitasnya menurun, sehingga merangsang ovarium untuk meningkatkan produksi hormon androgen. Kadar hormon inilah yang mempengaruhi perkembangan sel telur sehingga mengganggu proses ovulasi, yang pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan siklus menstruasi. Kadar androgen yang tinggi juga dapat menyebabkan munculnya jerawat dan hirsutisme.

Selain itu, pil KB juga dapat memperlambat produksi minyak dengan menghambat naiknya estrogen dan progesteron alami, yang biasanya terjadi 1-2 minggu sebelum haid. Beberapa jenis pil bahkan disetujui ahli untuk mengatasi jerawat saat haid. Setiap wanita yang sudah mengalami haid, biasanya akan mengalami keram perut setiap bulannya maupun masalah kecantikan seperti kulit kusam dan berjerawat.

Kondisi ini merangsang pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes dan menyebabkan peradangan pada kulit dalam bentuk komedo dan jerawat. Sebelum menstruasi, kadar hormon testosteron di dalam tubuh kita sedang meningkat drastis. Kemudian saat menstruasi datang, hormon tersebut menurun dan disusul degan naiknya kadar hormon estrogen dan progesteron. Inilah yang kemudian memicu produksi sebum berlebih pada wajah dan rambut. Jadi, jangan heran jika saat menjelang masa menstruasi kamu akan mendapati wajah dan rambutmu jadi lebih berminyak dari biasanya. Untuk mengontrol minyak berlebih di wajah dan rambut, kamu harus rutin cuci muka dan keramas ya,Girls.