Vaksin Dan Harapan Guru Indonesia

Di antara para peserta vaksin, terdapat Wakil Ketua Umum Forum Guru IPS Seluruh Indonesia , Ade Kusdinar. “Saya sangat bahagia dan menjadi suatu kehormatan dijadikan bagian dari program untuk menyelesaikan masalah bangsa dan dunia,” ungkapnya. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, prosedur pendaftaran vaksinasi tahap kedua bagi pekerja publik harus melalui institusi terkait yang menaungi. Koordinator Nasional P2G, Satriwan Salim menyampaikan, vaksinasi pada Rabu kemarin baru menyasar beberapa ratus guru perwakilan sekolah negeri di Jakarta. Ia menilai, pemerintah punya pekerjaan rumah luar biasa untuk memvaksin semua guru di Tanah Air. “Tenaga pendidik, kependidikan, guru, kita berikan prioritas agar nanti di awal semester kedua pendidikan tatap muka bisa kita mulai lakukan,” ujar Jokowi di SMAN 70 Jakarta, Rabu (24/2).

Ia menambahkan, PGRI sebagai organisasi guru terus mendorong agar seluruh guru mendapatkan vaksinasi. Sedangkan bagi guru SD masih dalam proses yang ditarget bisa memenuhi one hundred pc sebelum PTM dimulai. Universitas Sebelas Maret Solo membuka lowongan dosen nonpegawai negeri sipil untuk mengisi sejumlah prodi.

Namun pada tiga minggu pertama, vaksinasi diprioritaskan untuk guru dan tenaga kependidikan di ibu kota negara, DKI Jakarta, dan ibu kota di setiap provinsi. Bagi guru dan tenaga pendidikan sekolah negeri ataupun swasta yang belum tervaksinasi, bisa langsung melakukan vaksinasi di RSUD atau puskesmas terdekat. Selain guru dan tenaga pendidik dari Aparatur Sipil Negara dan Non ASN, vaksinasi juga dilakukan untuk guru dan tenaga pendidik di sekolah swasta. Semarang – Sebanyak lebih dari 6000 guru dan tenaga pendidik di Kota Semarang, yang sudah menjalani proses suntikan pertama vaksinasi Covid-19. TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang Selatan kini tengah berupaya keras untuk merampungkan vaksinasi seluruh guru, menjelang kegiatan belajar mengajar tatap muka, yang rencananya mulai digelar Juli mendatang.

Vaksin bagi guru

Federasi temukan banyak guru berusia di bawah 50 tahun yang menolak vaksinasi. Vaksinasi COVID-19 untuk guru dan dosen akan ditunda bagi penderita gangguan pembekuan darah, defisiensi imun, dan penerima produk darah/transfusi. Vaksinasi baru bisa diberikan setelah melakukan konsultasi pada dokter yang merawat. Bagi yang sedang mendapat terapi kanker, maka diwajibkan untuk membawa surat keterangan layak divaksinasi dari dokter yang merawat. “Jadwal dan lokasi vaksinasi akan diinformasikan oleh Dinas Kesehatan atau Dinas Pendidikan atau Kantor Wilayah Kemenag di masing-masing daerah,” seperti dikutip dari akun Instagram kemdikbud.ri.

CDC juga melaporkan bahwa siswa yang makan siang di ruang kelas dapat meningkatkan penyebaran Covid-19. Studi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat menunjukkan signifikannya keberadaan guru dalam penularan Covid-19 di sekolah-sekolah. Sehingga CDC merekomendasikan vaksinasi Covid-19 untuk pendidik perlu dipertimbangkan sebagai langkah mencegah penularan.

Diharapakan setelah vaksin ini para guru dan siswa dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik. Meskipun telah divaksin guru dan siswa jangan lengah dan tetap menjalakan protokol kesehatan. Saya tadi menyaksikan dan berjalan lancar, para guru dan tenaga pendidik telah divaksin,” ujar Presiden Jokowi, seperti dilansir Kompas.com.

SELASAR.CO, Tenggarong – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah memutuskan untuk mengizinkan pembelajaran tatap muka secara terbatas. Rencananya, pembelajaran tatap muka itu akan dimulai pada tahun ajaran baru, yakni pada Juli mendatang. “Sehingga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Satgas Covid harus kejar tayang menuntaskan vaksinasi bagi guru dan tenaga kependidikan,” Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda di Media Center DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (10/6). Dinkes Cilegon mengaku siap memvaksin guru berapa pun jumlahnya, sesuai permintaan dari Dindik Kota Cilegon, agar belajar tatap muka berjalan lancar tanpa menimbulkan klaster baru. Menteri Pendidikan Nadiem Makarim mengatakan semakin muda peserta didik atau jenjang sekolah maka semakin sulit melakukan pendidikan jarak jauh.

Namun sepertinya harapan untuk belajar tatap muka secara langsung semakin besar, mengingat sudah adanya vaksin untuk menekan kasus yang terus bertambah. Pemerintah juga sudah mulai melakukan pemberian vaksin covid-19 ke seluruh masyarakat Indonesia, tak terkecuali guru. Pemberian vaksin menjadi salah satu upaya untuk mengurangi jumlah infeksi Slot Deposit Pulsa Tanpa Potongan virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19. “Apabila seluruh steakholder di bidang pendidikan sudah mendapatkan vaksin, maka pemerintah lebih percaya diri dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka di bulan Juli,” katanya. Sulkarnain yakin seluruh guru di Kota Kendari memiliki kesadaran yang tinggi untuk mensukseskan program vaksinasi.